Kapal Pengayoman IV Tenggelam di Nusakambangan, Kanwil Kemenkumham: Ini Murni Musibah

Angga Rosa ยท Sabtu, 18 September 2021 - 10:14:00 WIB
Kapal Pengayoman IV Tenggelam di Nusakambangan, Kanwil Kemenkumham: Ini Murni Musibah
Penampakan Kapal Pengayoman IV milik Kemenkumham yang terbalik di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jumat (17/9/2021). Foto: Ist.

CILACAP, iNews.id - Humas Kanwil Kemenkumham Jateng Hasmi Safei menyatakan tragedi kecelakaan laut yang menimpa Kapal Pengayoman IV murni musibah yang disebabkan faktor alam. Saat berlayar di perairan Nusakambangan, Cilacap, kapal dalam kondisi laik jalan.

"Kejadian ini, murni musibah. Tidak ada unsur kelalaian. Penyebabnya arus air laut yang sangat deras dan kencangnya angin. Hal itu juga dirasakan oleh kapal lain yang berlayar sebelumnya," kata Hasmi, Sabtu (18/9/2021).

Dia menjelaskan, secara umum Kapal Pengayoman IV dalam kondisi baik. Kapal tersebut buatan 2012 dan terawat. Nahkodanya juga memiliki pengalaman berlayar sejak 2009. 

"Kapal Pengayoman biasa digunakan untuk menyeberangkan material untuk pembangunan lapas dan jalan. Nah, saat kejadian arus air laut memang sangat deras dan kondisi ini diperburuk dengan angin kencang. Jadi kejadian ini murni kecelakaan," ucapnya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: