Kasus Kekerasan Ibu terhadap 3 Anak Kandung di Brebes, Ini Langkah Menteri PPPA

Priyo Setyawan · Senin, 21 Maret 2022 - 22:50:00 WIB
Kasus Kekerasan Ibu terhadap 3 Anak Kandung di Brebes, Ini Langkah Menteri PPPA
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Foto: Ist.

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati prihatin atas kasus kekerasan yang diduga dilakukan seorang ibu di Kabupaten Brebes terhadap ketiga anak kandungnya. Kementerian PPPA akan memastikan korban mendapatkan layanan yang diperlukan dan mengawal proses hukumnya.

Kasus kekerasan diduga dilakukan KU (40) warga Brebes kepada tiga anak kandungnya yang masih berusia, 12, 7 dan 5 tahun. Peristiwa terjadi pada Minggu (20/3/2022) lalu.  

Peristiwa itu mengakibatkan anak yang berusia 7 tahun meninggal dunia, Sedangkan untuk dua anak lainnya terluka dan sempat kritis. KU kini telah diamankan polisi, dan dua anaknya yang terluka masih dirawat di rumah sakit.

Tim Sapa Kementerian PPPA telah berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AKB) dan SPT PPA Provinsi Jawa Tengah untuk  memantau dan menindaklanjuti kasus tersebut.

“Kami akan memastikan korban mendapatkan layanan yang diperlukan dan mengawal proses hukumnya. Apresiasi kami sampaikan kepada semua pihak yang telah merespons cepat, dan cepat tanggap menangani kasus ini,” kata Gusti Ayu Bintang Darmawati melalui siaran pers, Senin (21/3/2022). 

Perempuan yang akrab disapa Bintang Puspayoga ini menjelaskan, peristiwa itu sepantasnya menjadi pembelajaran bagi semua, bahwa menjaga kesehatan mental perempuan atau seorang ibu yang terkadang memiliki beban ganda menjadi sangat penting. 

Dimana ibu itu diduga tertekan dengan keterbatasan finansial, yang berdampak pada tingkat stres yang akhirnya dilampiaskan kepada anak-anaknya. Untuk itu, peran masyarakat menjadi penting. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: