Kekerasan Seksual di Sekolah, KPAI: 88 Persen Pelakunya Guru, 22 Persen Kepsek

Kiswondari Pawiro ยท Senin, 13 Desember 2021 - 20:38:00 WIB
Kekerasan Seksual di Sekolah, KPAI: 88 Persen Pelakunya Guru, 22 Persen Kepsek
KPAI mengungkap kekerasan seksual di sekolah 88 persen pelakunya guru, 22 persen kepala sekolah (kepsek). (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mengungkap data yang mencengangkan terkait kasus kekerasan seksual di sekolah. Dia mengungkap kekerasan seksual di sekolah 88 persen pelakunya guru, 22 persen kepala sekolah (kepsek).

Retno memaparkan, berdasarkan hasil pengawasan KPAI pada tahun 2018 dan 2019 sebelum pandemi, terdapat 72 persen kekerasan fisik di sekolah, 9 persen kekerasan psikis dan kekerasan seksual 2 persen. 

Tapi, kemungkinan lebih banyak kasus yang dilaporkan ke polisi karena itu termasuk pidana. Dia menegaskan, bersetubuh dengan anak atau melakukan suatu tindakan seksual kepada anak itu tidak ada yang merupakan tindakan ada sama suka, atau mau sama mau, karena ini soal relasi kuasa juga.

"Ini apalagi anak, mana tahu anak tentang konsep seksual, apalagi ketika anak itu SD, nah 2 persen itu tetapi ditambah dengan 13 persen dari pantauan kami tidak dilaporkan KPAI tetapi ada di media, maka kami pun melakukan pengawasan," kata Retno, Senin (13/12/2021).

Kemudian, dia mencontohkan di 2018, dari hasil pengawasan KPAI, korban itu justru mayoritas anak laki-laki, intinya ia ingin mengingatkan bahwananak laki-laki maupun anak perempuan semua rentan mengalami kekerasan seksual.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: