Kelangkaan Solar di Pantura Rembang Parah, Nelayan Antre di SPBU selama Seminggu

Musyafa ยท Jumat, 22 Oktober 2021 - 18:50:00 WIB
Kelangkaan Solar di Pantura Rembang Parah, Nelayan Antre di SPBU selama Seminggu
Ratusan jerigen memadati halaman sebuah SPBU di wilayah Kabupaten Rembang bagian timur. (iNews/Musyafa)

REMBANG, iNews.id Nelayan tradisional di wilayah pantai utara Kabupaten Rembang bagian timur semakin resah. Keresahan mereka akibat kelangkaan solar untuk keperluan melaut.

Abdul Charis, seorang pengepul rajungan di Kecamatan Sluke mengaku sempat memantau sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) setelah dirinya menerima banyak keluhan dari nelayan.

“Pengin lihat langsung seperti apa kondisinya. Dua bulan lalu sudah terjadi, tapi dua mingguan ini semakin parah, “ kata Charis, Jumat (22/10/2021).

Kondisi antrean jerigen terbanyak terjadi di wilayah Kecamatan Kragan dan Kecamatan Sarang. Tumpukan jerigen kian bertambah, bahkan ada yang mengaku baru memperoleh jatah solar setelah antre selama seminggu. Dampaknya, waktu melaut menjadi molor.

“Di saat sudah pulang melaut dan mau berangkat lagi, nggak bisa langsung. Tapi harus menunggu lama, bahkan sampai seminggu. Kalau seperti ini terus, ekonomi susah, tambah terpukul, “ katanya.

Menurutnya, kebutuhan solar tiap nelayan berbeda-beda, tergantung jenis perahu dan kapal. Da mencontohkan perahu pencari rajungan, rata-rata 10 liter per hari. Sedangkan kapal yang sifatnya pulang harian bisa mencapai 50 liter.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: