Kemudahan Belanja Lewat E-Commerce Dorong Minat Konsumen pada Produk Lokal

Ary Wahyu Wibowo ยท Kamis, 14 Oktober 2021 - 20:47:00 WIB
Kemudahan Belanja Lewat E-Commerce Dorong Minat Konsumen pada Produk Lokal
Para narasumber dalam Zoom Meeting MarkPlus Insight: Peran E-commerce dalam Mendukung Merek Lokal Selama Pandemi, Kamis (14/10/2021). Foto: Ist.

JAKARTA, iNews.id - Minat masyarakat terhadap merek lokal terus meningkat seiring kemudahan berbelanja melalui kanal e-commerce. Bahkan penjualan produk lokal di kanal online meningkat signifikan saat pandemi. 

“Kecenderungan konsumen membeli produk lokal semakin tinggi didorong beberapa faktor, di antaranya selama pandemi pemasaran online menjadi fokus para pelaku usaha produk lokal menggencarkan pemasaran dan mempromosikan di media sosial dan e-commerce, mengikuti berbagai program e-commerce, serta membuat berbagai konten yang menarik,” kata Head of High-Tech, Property & Consumer Goods MarkPlus  sekaligus peneliti dalam riset, Rhesa Dwi Prabowo, Kamis (14/10/2021). 


Dikatakannya, survei melalui penelitian kualitatif dengan kuesioner terstruktur mengungkap terdapat peningkatan penjualan produk lokal di kanal online secara signifikan. Meski terdapat angka kenaikan yang fantastis, namun baru 18 persen UMKM di Indonesia yang sudah beradaptasi dengan platform penjualan digital. 

Di tengah maraknya globalisasi, persaingan dagang merek lokal dengan merek global semakin kompetitif. Kemudahan bertransaksi digital juga menjadi pendorong mudahnya konsumen berbelanja tanpa melihat batasan ruang dan waktu. 

“Selain itu, pelaku usaha juga selalu berinovasi terhadap produknya dengan melakukan pembaharuan model, desain, variasi produk, serta mulai menjual produk yang dibutuhkan saat pandemi, seperti masker. Pelaku usaha juga kerap membuat promo,menawarkan sampel produk kepada pembeli, bahkan garansi,” katanya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: