Ki Dalang Penjol, Satu-satunya Perajin Wayang Golek Khas Pemalang Bertahan di Tengah Pandemi

Suryono Sukarno ยท Rabu, 31 Maret 2021 - 09:14:00 WIB
Ki Dalang Penjol, Satu-satunya Perajin Wayang Golek Khas Pemalang Bertahan di Tengah Pandemi
Ki Dalang Penjol menunjukkan sejumlah wayang golek khas Pemalang. (iNews/Suryono Sukarno)

PEMALANG, iNews.id - Perajin wayang golek khas Pemalang, Jawa Tengah, berusaha bertahan di tengah gempuran budaya modern. Meski kondisi pandemi Covid-19 membuat semakin sulit, namun mereka tetap berusaha untuk bertahan agar budaya peninggalan leluhur ini tetap lestari.

Salah satu yang masih terus bertahan melestarikan menjadi perajin wayang golek adalah Tarnyono alias Ki Dalang Penjol, warga Desa Wonokromo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Pelestari budaya ini semakin langka bahkan hanya satu satunya di daerah ini.

Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap warisan budaya Pemalang, kakek berusia 60 tahun ini terus membuat wayang golek. Keahliannya mengukir golek cepak didapat secara turun temurun dari keluarganya. Dia merupakan generasi kelima  yang melestarikan wayang golek ini.

Selain memproduksi wayang golek untuk pementasan, dia juga memproduksi wayang yang bisa dibeli para kolektor dan wayang mainan. Dalam pembuatan wayang golek cepak, Ki Penjol menggunakan kayu kedondong jaran atau nama latin lannea coromandelica.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3