Kisah Andi Purnomo, Santri asal Tegal Jadi Imam Masjid di UEA

Kastolani · Sabtu, 30 Oktober 2021 - 07:00:00 WIB
Kisah Andi Purnomo, Santri asal Tegal Jadi Imam Masjid di UEA
Andi Purnomo mengisi khotbah salat Idul Fitri di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Dubai, UEA tahun 2018. (Foto: Humas Pemkab Tegal)

Tangis haru dan bahagia pun menjadi momen yang tak pernah ia lupakan saat namanya disebut sebagai salah satu dari 14 peserta yang lulus seleksi imam masjid UEA. Seakan seperti mimpi, putra kelahiran Tegal bisa terpilih menjadi imam masjid di Timur Tengah. Seketika terbayang wajah bapak dan ibu serta para kiai yang selama ini membimbingnya menempuh pendidikan ilmu agama.

Andi Purnomo ditugaskan menjadi imam masjid di Kota Fujairah, Abu Dhabi UEA. 

Sejak 2017, Andi bermukim di Fujairah, Uni Emirat Arab (UEA) hingga sekarang. Oleh pemerintah setempat, Andi ditugaskan menjadi imam masjid dan penyampai khotbah salat Jumat berbahasa Inggris. 

Pengalaman selama bermukim dan bergaul di UEA membuatnya kaya akan wawasan, mampu memahami keragaman budaya dan pola pikir masyarakatnya yang berasal dari banyak negara. Hal tersebut pula yang membuatnya semakin bijak dalam menerima setiap perbedaan di tengah kehidupan warganya yang majemuk.

Andi Purnomo, lahir pada tanggal 06 Juli 1989 di Desa Lemah Duwur RT10/RW02 No. 18, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. Andi adalah anak kesembilan dari sebelas bersaudara dari pasangan H. Rodja dan Hj. Jamilah. Masa kecil Andi hingga remaja dilalui di kampung halaman.

Andi menikah dengan Afina Dina Kamila yang merupakan cucu dari Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muayyad, Solo.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: