Kisah Lasmi Ledek Legendaris yang Mendunia Kini Terpuruk, Terpaksa Ngamen di Jalanan

Rustaman Nusantara ยท Rabu, 21 April 2021 - 09:18:00 WIB
Kisah Lasmi Ledek Legendaris yang Mendunia Kini Terpuruk, Terpaksa Ngamen di Jalanan
Lasmi, Ledek legendaris asal Grobogan kini harus mengamen dari rumah ke rumah dan pasar-pasar. (iNews/Rustaman Nusantara)

GROBOGAN, iNews.id – Lasmi, seorang penari dan ledek legendaris asal Grobogan, Jawa Tengah, kini hidupnya terpuruk dan serba kekurangan. Puluhan tahun lalu, dia sempat mendunia setelah berhasil mempromosikan tarian tayub dalam ajang festival seni dan budaya tingkat nasional dan internasional.

Kariernya mulai redup setelah dia gagal menjalani suntik silikon pada hidung dan janggut. Sang ledek legendaris tersebut kini harus menghidupi diri sendiri dan orang tuanya dengan jalan mengamen dari rumah ke rumah dan pasar-pasar. 

Meski demikian, ledek legendaris berusia 61 tahun yang tinggal berdua bersama ibunya di Desa Kropak, Kecamatan Wirosasi ini tetap bersemangat dalam mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri dan sang ibu.

Sementara anak semata wayang Lasmi sudah berkeluarga dan hidup di tempat lain yang jauh dari rumah sang legendaris. Lasmi menekuni kesenian bersama ayahnya sejak usia 15 tahun. Selama itu dia selalu ikut pentas sebagai sinden. 

Setelah beberapa tahun menekuni sinden, Lasmi kemudian merambah ke kesenian tayub dan karienya semakin meroket. Bahkan sang ledek legendaris ini sempat mewakili Grobogan dan Indonesia dalam ajang festival seni dan budaya tingkat nasional dan internasional pada tahun delapan puluhan.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3