Kisah Perjuangan Fadlul Rohman, Anak Petani yang 9 Kali Gagal Tes Akhirnya Tembus Akmil

Erfan Ma'ruf · Rabu, 29 Juni 2022 - 05:29:00 WIB
Kisah Perjuangan Fadlul Rohman, Anak Petani yang 9 Kali Gagal Tes Akhirnya Tembus Akmil
Sermadatar Fadlul Rohman menceritakan pengalamannya menembus Akademi Militer. Anak petani dari Banyuwangi ini akhirnya lolos setelah 9 kali mencoba tes TNI. Foto/Dok/Dispenad

JAKARTA, iNews.id – Fadlul Rohman memiliki semangat dan tekad kuat dalam memperjuangkan impiannya untuk menjadi prajurit TNI. Fadlul pantang menyerah meski sembilan kali gagal tes masuk Akmil hingga AAU.

Di mana ada kemauan di situ ada jalan. Petuah bijak itu sepertinya layak untuk menggambarkan kehidupan Sermadatar Fadlul Rohman. 

Anak petani dari Banyuwangi, Jawa Timur itu akhirnya mampu menembus Akademi Militer (Akmil). Namun perjalanan Fadlul masuk Lembah Tidar, Magelang (lokasi Akmil) tidak lah mudah. 

Kegagalan demi kegagalan pernah diterimanya. Bukan hanya sekali, namun hingga total sembilan kali termasuk tes di bintara AD dan Akademi Angkatan Udara (AAU). 

"Alhamdulillah perasaan saya sangat bahagia (diterima menjadi Taruna Akmil), saya sudah 10 kali mendaftar," kata Fadlul dalam video di akun resmi Youtube TNI AD, dikutip Selasa (28/6/2022). 

Anak ke-8 dari sembilan bersaudara ini menceritakan, sejak kecil dirinya memang bercita-cita menjadi anggota TNI. Tak heran lulus dari MAN 2 Banyuwangi pada 2016, dia pun memutuskan untuk mendaftar Akmil. 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: