Kisah Perjuangan Nenek 102 Tahun di Banyumas Sembuh dari Covid-19 usai Isoman

Saladin Ayyubi ยท Sabtu, 24 Juli 2021 - 06:48:00 WIB
Kisah Perjuangan Nenek 102 Tahun di Banyumas Sembuh dari Covid-19 usai Isoman
Nenek Sudjijah yang berusia 102 tahun asal Purwokerto Selatan, Banyumas, Jawa Tengah sembuh dari Covid-19 usai menjalani isoman. (Foto: iNews/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNews.id - Nenek Sudjijah yang berusia 102 tahun sembuh dari Covid-19 usai menjalani isolasi mandiri (isoman) selama 14 hari. Dia sempat dinyatakan positif Covid-19, namun kini hasil tes sudah negatif.

Nenek Sudjijah isoman di rumahnya, Jalan Sultan Agung Nomor 164, Kelurahan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dia menjalankan sholat lima waktu selama dalam penyembuhan.

Selama masa isoman, nenek kelahiran 19 September 1919 tidak menjalani perawatan khusus. Dia hanya mendapatkan sekali perawatan oleh perawat rumah sakit.

Setelah berjuang selama 14 hari, nenek yang memiliki 10 orang anak, 25 cucu, 24 cicit dan 1 canggah itu kini kondisinya sehat. Dia sudah tidak memerlukan bantuan tabung oksigen karena saturasinya sudah kembali normal, yaitu di atas 95.

Bambang Widodo atau Dodit salah satu anak dari nenek Sudjijah mengatakan, saat menjalani isoman orang tuanya tidak terlalu sulit untuk makan. Dia bahkan makan seperti biasa ketika belum terpapar Covid-19.

Dodit menambahkan, jika dia dan keluarganya selalu menjaga ibunya yang sudah berusia di atas 100 tahun. Mereka juga selalu menyediakan oksigen.

“Saat isoman untuk menjaga kondisi ibu, kami selalu menyiapkan oksigen di rumahnya dan bersikap tidak panik. Selalu membujuk ibu agar mau makan dengan teratur,” kata Dodit.

Uniknya, saat membujuk agar mau makan, pihak keluarga selalu menambah dengan kata-kata disuruh dokter untuk makan agar nenek Sudjijah mau makan.

"Kami selalu membawa nama dokter yang dikenal ibu kami agar mau makan. Misalnya saya bilang agar ibu makan karena disuruh dokter Gembong dan dokter Rosa yang merupakan keluarga kami," kata Dodit.

Saat awal dinyatakan terkena Covid-19, nenek Sudjijah menolak untuk dipasang selang oksigen. Awal terpapar Covid-19, dia mengalami gejala batuk dan badan terasa pegal-pegal.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2