Kisah Pilu Anak Berkebutuhan Khusus Dikurung di Rumah Selama Belasan Tahun

Tata Rahmanta ยท Jumat, 23 Juli 2021 - 20:29:00 WIB
Kisah Pilu Anak Berkebutuhan Khusus Dikurung di Rumah Selama Belasan Tahun
Begini kehidupan Rendy sehari-harinya dikurung di dalam ruangan di dalam rumahnya kampung Siswodipuran, Boyolali. (iNews/Tata Rahmanta)

BOYOLALI, iNews.id – Sungguh memilukan nasib yang dialami Muhammad Rendy Setiawan. Anak berkebutuhan khusus ini belasan tahun dikurung orang tuanya di depan rumahnya, kampung Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah.

Orangtuanya terpaksa mengurungnya karena khawatir jika tidak diawasi Rendy akan berlari ke jalan dan tidak bisa dikendalikan. Di ruangan sempit dengan luas hanya 3 x 4 meter, Rendy setiap hari melakukan aktivitasnya, mulai dari makan, mandi dan cuci kakus atau MCK hingga tertidur.

Saat ini seharusnya Rendy sudah duduk di bangku SMA karena usianya hampir 17 tahun. Namun dia masih bertingkah seperti anak anak yang sangat aktif berlarian di dalam ruangan.

Bahkan saat dicoba dikeluarkan agar bisa melihat dunia luar, ayahnya kewalahan untuk menangkapnya kembali.  Rendy dikurung sejak tahun 2009 lalu, hal tersebut terpaksa dilakukan lantaran kedua orang tuanya bekerja dan yang di rumah tinggal neneknya yang sudah tua. Jika tidak diawasi, Rendy akan berlari ke luar halaman dan sulit dikendalikan.
 
Keluarga sudah berupaya untuk menyekolahkan di sekolah luar biasa. Namun karena anak sulungnya mengalami autisme sejak kecil, yang selalu ingin berlari kemana-mana. Sedangkan di sekolah itu tidak ada ruang tertutup dan tidak ada yang sanggup menjaga, akhirnya hanya bertahan sebulan bersekolah.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2