Kisah Soegiarin Menyusup di Tengah Penjagaan Tentara Jepang demi Siarkan Berita Kemerdekaan RI

Ahmad Antoni ยท Jumat, 13 Agustus 2021 - 06:48:00 WIB
Kisah Soegiarin Menyusup di Tengah Penjagaan Tentara Jepang demi Siarkan Berita Kemerdekaan RI
Soegiarno memandang foto Soegiarin ketika bersama istrinya. (foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id  - Nama Soegiarin belum banyak dikenal apalagi setenar dengan deretan nama pahlawan nasional. Namun siapa sangka, Soegirin punya peran penting dalam sejarah Kemerdekaan RI.

Ya, Soegiarin merupakan sosok yang memiliki jasa terhadap penyiaran berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. 

Pria kelahiran Grobogan, 13 Juli 1918 ini ketika itu berprofesi sebagai jurnalis yang bekerja untuk Kantor Berita Domei yang sedang dikuasai Jepang di Jakarta. 

Keahlian Soegiarin sebagai jurnalis cukup mumpuni. Keahliannya menyiarkan berita morse dilatar belakangi dari Sekolah Pelayaran yang dienyamnya di Surabaya.

Ketika itu, sebelum pembacaan teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno, Soegiarin mendapat perintah dari Adam Malik, pimpinannya di Domei. Dirinya diminta memberitakan dengan menyiarkan melalui berita morse. 

Pekerjaan ini tentunya sangat berat, karena Kantor Domei dijaga dan diawasi Jepang. Akhirnya berjam-jam sebelum dibacakan oleh Soekarno, Soegiarin menyusup di ruang mesin untuk menghidupkan mesin sejak pagi-pagi buta.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: