Kisah Soegiarin Menyusup di Tengah Penjagaan Tentara Jepang demi Siarkan Berita Kemerdekaan RI

Ahmad Antoni ยท Jumat, 13 Agustus 2021 - 06:48:00 WIB
Kisah Soegiarin Menyusup di Tengah Penjagaan Tentara Jepang demi Siarkan Berita Kemerdekaan RI
Soegiarno memandang foto Soegiarin ketika bersama istrinya. (foto: Istimewa)

Beruntung penyusupan Soegiarin tak diketahui orang-orang Jepang yang bertugas mengawasi aktivitas Domei. Sekitar setengah jam usai pembacaan naskah proklamasi, Soegiarin yang tengah bersiap di Kantor Domei di kawasan Pasar Baru Jakarta langsung menerima salinan naskah. 

Seketika itu dia siarkan melalui berita morse dan diterima di seluruh kantor berita negara-negara di dunia. Berita Indonesia Merdeka dari penjajahan telah menyebar ke seluruh dunia. 

PBB pun menerima kabar ini dan menguatkan pengakuan Kemerdekaan Indonesia. Melalui tangan Soegiarin dunia mengakui Kemerdekaan Indonesia.

Kini R Soegiarin terbaring tenang di makam keluarga blok Makam Kadipaten Gunung Brintik TPU Bergota Kota Semarang.

Soegiarin layak dinobatkan sebagai pahlawan karena jasa-jasanya. Namun menurut Soegiarno (92) adik Soegiarin, kakaknya selama hidup tak pernah menuntut penghargaan dalam melaksanakan tugas pengabdiannya kepada negara. 

"Mas Gik (panggilan Soegiarin) justru senang berusaha sendiri dan selepas pensiun ingin mendirikan pabrik kertas. Namun sayangnya kala itu selalu ada yang merintangi karena disangkutkan hal politik,” kata Soegiarno, Kamis (12/8/2021). 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: