Kisah Subari, Petani yang Diajak Naik Mimbar Upacara Hari Pahlawan dan Dicium Ganjar

Ahmad Antoni ยท Kamis, 10 November 2022 - 11:23:00 WIB
Kisah Subari, Petani yang Diajak Naik Mimbar Upacara Hari Pahlawan dan Dicium Ganjar
Gubernur Ganjar Pranowo mencium tangan Subari, petani asal Desa Kalibering Kendal di podium upacara Hari Pahlawan di lapangan Simpang Lima Semarang. (Ist)

SEMARANG, iNews.id - Kisah seorang petani di Desa Kalibareng Kabupaten Kendal mengawali sambutan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Kamis (10/11/2022). Petani tersebut bernaman Subari. 

Subari bukanlah seorang juragan maupun tuan tanah. Ganjar menyebut Subari adalah petani biasa yang luar biasa. Pasalnya, Subari menghibahkan lahan seluas 1.800 meter persegi untuk dijadikan embung.

“Beliau sangat berjasa tidak untuk warganya tapi juga Jawa Tengah,” kata Ganjar. Menurutnya, sejak menjabat gubernur dirinya mencanangkan program seribu embung. Pelaksanaannya terkendala kurangnya lahan di desa-desa yang kekeringan.

“Suatu ketika pak Subari ini datang dan dengan lugunya bilang mau menghibahkan tanahnya,” ujarnya. Dia pun mengundang Subari dalam upacara tersebut. Ganjar mengajaknya berdialog tentang kerelaannya tersebut. Lagi-lagi, pernyataan Subari membuat Ganjar terharu.

“Pak, masyarakat pengin dengar kok pak Subari ikhlas memberikan tanahnya jadi embung kenapa? Itu sudah izin juga sama istrinya dan diizinkan ya,” tanya Ganjar.

“Terus terang saya lihat petani lain itu kekurangan air, kalau tempat saya kelebihan, jadi supaya bisa merata di Kalibareng saya ikhlas,” kata Subari.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: