Kisah Sukses Hendra, Pernah Bangkrut dan Miliki Utang Rp2,2 M, Kini Punya Pabrik Skincare

Ahmad Antoni ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 16:05:00 WIB
Kisah Sukses Hendra, Pernah Bangkrut dan Miliki Utang Rp2,2 M, Kini Punya Pabrik Skincare
M Taufik Hendradinata dulu berutang Rp2,2 miliar dan jadi gelandangan, kini punya pabrik skincare. Foto: YouTube Pecah Telur

JEPARA, iNews.id – M Taufik Hendradinata tak menyangka bakal menggapai kesuksesan dalam menjalani bisnis. Bagaimana tidak, kehidupan yang dilakoni sebelumnya dialami dengan penuh liku.

Hendra, begitu ia akrab disapa, pernah bangkrut dan memiliki utang dengan nilai fantastis yakni Rp2,2 miliar. Tak hanya itu dia juga pernah menjadi gelandangan dengan tinggal di teras masjid hingga akhirnya bangkit. Kini Hendra menjadi Owner Salina Herbal dengan  memiliki pabrik skincare.  

Kisah berliku Hendra diawali pada 2007. Ketika itu dia merintis usaha dengan membuka bisnis laundry dari satu menjadi tiga cabang dan 15 agen. 

Saat bisnis laundry-nya berjalan, seorang investor mengajaknya untuk membuka waralaba di bidang pendidikan pada 2010. Tak berpikir panjang, dia tertarik dan langsung menginvestasi uang sebesar Rp800 juta. Namun di luar perkiraannya, di tertipu.  

Karena kerja sama itu tak kunjung terealisasi. Bisnis yang dirintisnya macet dan usaha laundry terdampak. "Dari 2010 sampai sekarang (2021) enggak dibuka outletnya. Orangnya menghilang, laundry macet. Ya gali lubang tutup lubang," kata Hendra dikutip dari YouTube PecahTelur, Kamis (20/1/2022).

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: