Kodam IV/Diponegoro Kirim 555 Prajurit Yonif 405/SK Amankan Objek Vital di Papua

Ahmad Antoni ยท Senin, 28 Februari 2022 - 18:55:00 WIB
Kodam IV/Diponegoro Kirim 555 Prajurit Yonif 405/SK  Amankan Objek Vital di Papua
Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito di sela pembukaan latihan pratugas Yonif 405/Surya Kusuma dalam rangka operasi pengamanan wilayah objek vital nasional PT Freeport Indonesia. (IST)

BANYUMAS, iNews.idKodam IV Diponegoro menyiapkan 555 personel yang tergabung dengan satuan tugas Yonif 405/SK untuk operasi pengamanan wilayah objek vital nasional PT Freeport Indonesia. Sebelum bertugas, mereka digembleng latihan pratugas selama 12 hari.

Kegiatan latihan pratugas Yonif 405/Surya Kusuma dalam rangka operasi pengamanan wilayah objek vital nasional PT Freeport Indonesia TA. 2022 dibuka oleh Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Parwito di Mako Yonif 405/SK, Wangon, Banyumas, Senin (28/2/2022). 

Dalam sambutan tertulis Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto selaku Komandan Latihan (Danlat), Kasdam menyebutkan bahwa pelaksanaan tugas operasi yang akan dilakukan satuan Yonif 405/SK tersebut merupakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sebab mengemban tugas untuk mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis.  

“PT Freeport Indonesia merupakan suatu kawasan instalasi dan tempat usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, dimana terdapat kepentingan negara dan sebagai salah satu sumber pendapatan negara yang berada di Mimika Papua,” katanya.

Pangdam juga menekankan kepada seluruh prajurit agar berlatih dengan sungguh sungguh dan penuh rasa tanggung jawab guna mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melaksanakan tugas mulia tersebut.

Selain itu, melakukan koordinasi pengamanan secara terpadu dan sinergi antara TNI dan PT Freeport Indonesia. Karena sampai saat ini daerah tersebut masih terdapat ancaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan gangguan keamanan yang masih rawan serta bersifat fluktuatif.
  
“Sebagai institusi dan aparat pertahanan kita dituntut agar selalu siap bila sewaktu waktu ditugaskan. Laksanakan latihan ini dengan sungguh sungguh untuk meningkatkan kemampuan tempur guna pelaksanaan tugas operasi pengamanan wilayah PT Freeport Indonesia yang akan kalian laksanakan dalam waktu dekat ini,” ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: