Koleksi Ribuan Fosil, Warga Sragen Ini Tak Mau Jual meski Ditawar Rp100 Juta

Joko Piroso ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 10:09:00 WIB
Koleksi Ribuan Fosil, Warga Sragen Ini Tak Mau Jual meski Ditawar Rp100 Juta
Sudarsono (62), kolektor fosil dari Sragen, Jawa Tengah (Foto: iNews/Joko Piroso)

SRAGEN, iNews.id - Seorang pria asal Sragen, Jawa Tengah (Jateng) berhasil mengumpulkan ribuan fosil beragam jenis. Meski banyak ditawar berbagai pihak, fosil-fosil temuannya tidak diperjual belikan.

Sudarsono (62) warga Dukuh Ngadirejo, Desa Sambungmacan ini menjadi kolektor ribuan fosil purba. Di dalam kediamannya, terdapat fosil tanaman, binatang hingga kepala manusia tertata di sejumlah etalase. Meski telah berusia jutaan lalu, fosil-fosil ini belum pernah diperjual belikan bapak satu anak tersebut.

Dia mengaku menemukan sejumlah fosil itu di sekitar proyek sudetan Bengawan Solo, Sragen tak jauh dari rumahnya. Pria yang kesehariannya menekuni budidaya bonsai itu mulai mengumpulkan fosil sejak tahun 1975. Fosil tertua yang ditemukannya yakni rahang gajah.

Fosil itu telah berusia jutaan tahun lalu dan telah diverifikasi petugas balai pelestarian situs manusia purba(BPSMP) Sangiran. Tak jarang, temuan fosil Sudarsono ditawar perorangan atau institusi pendidikan. Tapi, lagi-lagi dia tak tertarik tawaran uang dan tetap ingin mengoleksi fosil untuk memberi pengetahuan pada generasi muda.

"Ada yang tawar Rp100 juta Rp50 juta ada orang luar negeri katanya orang Amerika dan Jepang," ucap Sudarsono.

Sudarsono menuturkan, mencarian fosil saat ini telah menjadi hobinya. Tapi, kegiatan itu dilakukannya ketika waktu senggang. Dia berharap pemerintah dapat membangun museum purba seperti di Sangiran. Sehingga, fosil-fosil hasil temuannya tetap jadi pengetahun warga.

"Karena ini punya nilai sejarah saya pertahankan. Rencananya pengen bikin museum purba sendiri," katanya.

Editor : Nani Suherni