Kudus Butuh Tambahan Nakes untuk Operasikan Tempat Isolasi Terpusat di 9 Kecamatan

Antara · Senin, 14 Juni 2021 - 21:15:00 WIB
Kudus Butuh Tambahan Nakes untuk Operasikan Tempat Isolasi Terpusat di 9 Kecamatan
Seorang petugas memakai alat pelindung diri (APD) lengkap di ruang isolasi RSUD Loekmono Hadi Kudus, Jawa Tengah. (Foto: Antara)

KUDUS, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus membutuhkan tambahan tenaga kesehatan (nakes) untuk mengoperasikan tempat isolasi terpusat. Tempat isolasi tersebut tersebar di sembilan kecamatan dengan total kapasitas 779 orang.

"Tenaga kesehatan sangat dibutuhkan untuk memonitoring kondisi kesehatan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi terpusat di masing-masing desa. Bidan desa memang bisa diikutkan, namun tidak bisa memonitor selama 24 jam," kata Bupati Kudus Hartopo, Senin (14/6/2021).

Sementara untuk perekrutan nakes baru, kata dia, belum memungkinkan karena anggaran untuk penanganan Covid-19 di Kudus mulai menipis.

Terkait kendala tersebut, Pemkab Kudus akan berkoordinasi dengan Pemprov Jateng bahwa membutuhkan tenaga kesehatan tambahan untuk ditugaskan selama 24 jam memonitor warga yang melakukan isolasi.

Pemkab Kudus juga mencoba untuk kembali melakukan refocusing anggaran guna menambah anggaran untuk insentif nakes yang akan ditugaskan di desa-desa.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2