Lezatnya Gudeg Koyor Sukini Salatiga, Sambal Gorengnya Bikin Ketagihan

Angga Rosa ยท Senin, 08 Agustus 2022 - 16:51:00 WIB
 Lezatnya Gudeg Koyor Sukini Salatiga, Sambal Gorengnya Bikin Ketagihan
Pengelola warung makan Gudeg Koyor Miroso Hajah Sukini, Sulistiyani saat menyajikan menu gudeg koyor yang dipesan pelanggan. Foto/IST

SALATIGA, iNews.id - Kelezatan gudeg koyor yang disajikan warung makan Nasi Gudeg Koyor Miroso Hajah Sukini di kompleks Pasar Rejosari, Jalan Hasanudin, Kota Salatiga tidak diragukan. Tak heran, jika rumah makan tersebut memiliki banyak pelanggan.

Sepintas gudeg yang dijual warung makan yang telah berdiri sejak 1950 silam itu, tidak berbeda jauh dengan gudeg Yogyakarta maupun Solo. Namun, gudeg Hajah Sukini memiliki ciri khas tersendiri dan cita rasanya sangat lezat. 

Pada umumnya, lauk nasi gudeg hanya sebatas opor ayam, telur, tahu dan sambal goreng krecek (kulit sapi). Sedangkan sambal goreng krecek masakan warung makan Nasi Gudeg Koyor Miroso Hajah Sukini dilengkapi dengan koyor (lemak sapi). 

Koyor tersebut menambah kelezatan nasi gudeg dan bisa menggugah selera makan. Disamping itu, gudegnya tidak sembarang nangka muda. Nangka muda yang dimasak pilihan, sehingga cita rasanya tetap terjaga. Ini yang membuat warung makan yang buka pukul 08.00 hingga 17.00 WIB ini sejak dulu hingga sekarang ramai pembeli. 

"Untuk menjaga cita rasa, kami tidak sembarangan dalam memasak. Kami selalu memilih bahan baku yang baik dan segar. Sehingga setelah matang, rasanya tidak berubah-rubah," kata putri Sukini, Sulistiyani belum lama ini.

Menurut dia, sebagian besar pelanggan menilai gudeg masakannya berbeda dengan gudeg lainnya karena dilengkapi sambal goreng koyor. Kelezatan sambal goreng koyor inilah yang menjadikan konsumen baik warga Salatiga maupun dari luar daerah yang ketagihan.  

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: