Longsor Terjang Desa Majakerta Pemalang, Puluhan Rumah Rusak

Suryono Sukarno ยท Jumat, 02 April 2021 - 08:33:00 WIB
Longsor Terjang Desa Majakerta Pemalang, Puluhan Rumah Rusak
Rumah warga yang rusah hingga nyaris roboh akibat bencana longsor dan tanah bergerak di Desa Majakerta, Watukumpul Pemalang. (iNews/Suryono Sukarno)

PEMALANG, iNews.id – Bencana longsor dan tanah bergerak menerjang permukiman Dukuh Penusupan, Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Akibatnya, sebanyak 40 rumah rusak hingga nyaris ambruk.

Kondisi kerusakan rumah tampak retak – retak bagian lantai juga dinding. Sebagian rumah miring juga hampir roboh bahkan ada yang sudah ambruk karena tanah longsor.

Namun warga tetap memilih bertahan di rumah yang kondisinya membahayakan keselamatan jiwa, karena tak ada tempat lain lagi. 

Mereka meminta agar pemerintah segera memberikan tempat relokasi guna mengurangi resiko. Selain itu, warga juga berharap pemerintah pasang alat deteksi dini gempa di lokasi rawan bencana longsor tersebut.

“Kami khawatir dengan kondisi ini dan berharap kepada pemerintah untuk merelokasi ke tempat yang lebih aman,” kata Rohayati, warga terdampak longsor, Kamis (1/4/2021). “ Namun warga juga minta agar tidak terlalu jauh dari lokasi ladang  atau ke tempat usaha,” katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2