Masjid Jami’ Lasem Rembang Akan Dibongkar Total, Ada Apa?

Musyafa · Selasa, 27 Juli 2021 - 17:59:00 WIB
Masjid Jami’ Lasem Rembang Akan Dibongkar Total, Ada Apa?
Gambar dari udara Masjid Jami' Lasem Kabupaten Rembang. (iNews/Musyafa)

REMBANG, iNews.id Pembongkaran bangunan sisi depan Masjid Jami’ Lasem, Kabupaten Rembang, diperkirakan mundur. Pembongkaran Masjid Jami’ ini dalam rangkaian penataan Kota Pusaka Lasem.

Ketua Takmir Masjid Jami’ Lasem, Abdul Muid mengatakan pihak pelaksana proyek terlebih dahulu fokus membangun kawasan Alun-Alun di depan Masjid Jami’. Jika tahapan lancar, kemungkinan pembongkaran Masjid akan dimulai tahun 2022.

“Namun misalnya Desember 2021 nanti yang Alun-alun sudah selesai, bisa saja Masjid dimulai. Kita nunggu perkembangan Alun-alun seperti apa, “ kata Muid, Selasa (27/7/2021).

Nantinya, bangunan Masjid Jami’ Lasem bagian tengah dan serambi depan akan dibongkar total. Dua titik itu termasuk bangunan baru. Sedangkan untuk lokasi paling barat atau bangunan utama tetap dipertahankan keasliannya, sebagai peninggalan tempo dulu. Kelak bangunan baru akan mengadopsi seperti Masjid Demak.

“Konsep yang kita ketahui Alun-alun Mojopahitan, Masjid Demak-an. Ini sinkron, karena sebenarnya yang menjembatani antara Majapahit dengan Demak adalah Mbah Sunan Bonang, penyebar agama Islam di Bonang, Lasem, “ katanya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: