Menikmati Olahan Cabai Gendot Khas Dieng, Pedasnya Tingkat Dewa

Elis Novit ยท Senin, 15 Agustus 2022 - 10:40:00 WIB
Menikmati Olahan Cabai Gendot Khas Dieng, Pedasnya Tingkat Dewa
Kuliner tumis cabe gendot di dataran tinggi Dieng. Foto: iNews/Elis Novit.

BANJARNEGARA, iNews.idDataran tinggi Dieng tidak hanya kaya ragam budaya dan potensi wisata alam. Namun juga memiliki kuliner yang patut untuk dicoba, salah satunya olahan cabai gendot atau cabai raksasa Dieng. 

Kuliner tumis cabe gendot Dieng yang dipadu jamur tiram, dapat dijumpai di warung makan milik Sulastri di kompleks Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara. 

Kuliner tumis pedas ini tak berbeda dari masakan tumis pada umumnya, mulai dari proses pengolahan, resep, dan bahan. Namun ada satu yang membuat tumis pedas ini terasa lebih spesial, yakni rasa pedas yang dihasilkan berasal dari cabai khas dataran tinggi Dieng. 

Cabai ukurannya lebih besar dibanding pada umumnya. Sebutannya cabai gendot atau cabai raksasa. 

Sekilas cabai gendot mirip dengan sayuran tomat, mulai dari warna hingga bentuknya. Namun pedasnya cabai ini levelnya tingkat dewa. Yang menikmati dijamin akan berkeringat karena rasa pedas yang luar biasa. 

Dengan menikmati olahan cabai Dieng, maka dapat menghangatkan tubuh saat berada di dataran tinggi yang suhu udaranya bisa mencapai 0 derajat celsius bahkan minus dalam kondisi tertentu. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: