VIDEO

Menyambut Purworejo 2020, Warga Gelar Kirab Budaya Merti Desa

Joe Hartoyo ยท Rabu, 25 April 2018 - 03:19:00 WIB
Menyambut Purworejo 2020, Warga Gelar Kirab Budaya Merti Desa
Menyambut Purworejo 2020 warga sekitar menggelar merti desa yang selama ini menjadi tradisi. (Foto: iNews)

PURWOREJO, iNews.id – Menyambut Purworejo 2020 warga sekitar menggelar merti desa yang selama ini menjadi tradisi. Sejumlah kegiatan dilakukan dalam peringatan tersebut mulai dari pengajian, ziarah dan kirab tumpeng.

Diketahui, kirab atau merti desa dilakukan untuk mempersatukan sekaligus mempererat tali silaturahmi antarwarga di Kelurahan Purworejo. Merti desa kali ini lebih difokuskan pada ziarah akbar ke Makam Kiai Brengkel.

Sejumlah pihak ikut dalam ziarah tersebut mulai dari pegawai kelurahan, tokoh agama, dan masyarakat. Ziarah juga dilakukan ke Makam Nyai Laos dan Makam Pangeran Hidayat. Ziarah pun ditutup dengan Kenduri Agung di halaman kantor Kelurahan Purworejo.

"Kirab Tumpeng Agung dan Pareden Ageng diikuti oleh 18 Rrukun warga (RW) se-Kelurahan Purworejo," kata Lurah Purworejo Hartono.

Sementara, rute kirab sengaja dipilih melewati sejumlah potensi daerah yang dimiliki Kelurahan Purworejo. Di antaranya, Alun-alun Purworejo, sejumlah potensi wilayah di masing-masing RW hingga ke kantor Kelurahan Purworejo.

Sesampainya di halaman kelurahan, Kirab Agung yang membawa gunungan tumpeng dan hasil bumi didoakan oleh tokoh agama dan diberikan kepada masyarakat. Setelah kirab budaya selesai, malam hari digelar pentas tayub (tari) dari sanggar seni Tresno Laras asal Desa Sumber Agung, Kecamatan Grabag.

Video Editor: Kuntadi


Editor : Achmad Syukron Fadillah