Meriahkan HUT ke-218 Klaten, 500 Pemanah dari Jawa-Bali Ikut Gladhen Ageng Jemparingan

Saeful Efendi ยท Minggu, 24 Juli 2022 - 19:08:00 WIB
Meriahkan HUT ke-218 Klaten, 500 Pemanah dari Jawa-Bali Ikut Gladhen Ageng Jemparingan
Pemanah dari Jawa dan Bali berpartisipasi dalam Gladhen Ageng Jemparingan, HUT ke-218 Klaten, Jateng (Saeful Efendi/MNC Portal)

KLATEN, iNews.id – Lebih dari 500 pemanah dari se-Jawa dan Bali berpartisipasi dalam Gladhen Ageng Jemparingan. Acara tersebut digelar dalam rangka menyambut HUT ke-218 Kabupaten Klaten.

Ketua panitia, Agung Kritantana mengatakan, acara itu digelar di lapangan Kalibajing, Desa Pakahan, Kecamatan Jogonalan, Minggu (24/7/2022).  

Dari data yang ada, peserta yang hadir berasal dari 20 kota di Jawa dan Bali, termasuk dari Pulau Madura. Lomba panahan tradisional ini digelar dengan gaya mataraman atau memanah bandulan (sasaran) dengan posisi duduk atau bersila.

"Gelaran ini termasuk ajang jemparingan mataraman terbesar selama pandemi Covid-19 dengan melibatkan peserta dari luar Jawa Tengah dan DIY," kata Agung, Minggu (24/7/2022).

Setiap peserta yang mengikuti Gladhen Ageng Jemparingan kali ini diwajibkan mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing.

Bagi peserta dari Jawa, mengenakan sorjan dan kain jarik lengkap dengan ikat kepala atau blangkon dan kain kemen serta udeng untuk peserta dari Bali.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: