Muncul Klaster Hajatan di Sragen, Ganjar Imbau Warga Tak Abai Disiplin Protokol Kesehatan

Ahmad Antoni · Minggu, 15 November 2020 - 05:10:00 WIB
 Muncul Klaster Hajatan di Sragen, Ganjar Imbau Warga Tak Abai Disiplin Protokol Kesehatan
Gubernur Ganjar Pranowo mengimbau warganya tak abai disiplin protokol kesehatan. (Dok iNews.id)

SEMARANG, iNews.id - Menyusul adanya kasus baru klaster hajatan di Kabupaten Sragen, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau agar warganya tidak abai dalam disiplin protokol kesehatan. Ganjar mengatakan, kasus ini bukan kali pertama terjadi.

Menurut nya, dalam menangani klaster hajatan atau keluarga seperti ini perlu pendekatan yang lebih ketat. “Dari pemerintah hari ini akan kita dorong, rapat kita terakhir pada awal minggu ini adalah, kita gerakkan dasawisma, PKK, kelompok masyarakat yang ada di level desa, RT RW agar sekarang kita masuk dalam keluarga,” ujar Ganjar, Sabtu (14/11/2020).

Namun, dari pemerintah saja tidak cukup. Ia juga meminta dukungan dan kesadaran dari masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan. Sebab, edukasi di level ini akan lebih berat dan individu mana pun tidak boleh abai. “Kalau kita tidak bisa memproteksi diri kita sendiri, maka akan sangat berat. Satu orang membawa itu, maka keluarga akan sangat rentan,” katanya.

Ganjar mengatakan, sebenarnya memproteksi dari diri sendiri sangat mudah. Yang membuat susah adalah malasnya individu untuk menjaga kebersihan diri, terutama setelah beraktivitas di luar rumah.

“Maka keluarga, mesti diproteksi dengan baik, tidak boleh meremehkan, protokolnya mesti jalan. Sebenarnya simpel saja, kalau kamu dari luar, langsung mandi, ganti baju semuanya. Sebenarnya tidak berat, tapi hanya males saja,” ujarnya.

Di sisi lain, Ganjar juga menegaskan pentingnya menggunakan masker dalam situasi apapun.“Terus tidak mau melepas masker, sebenarnya itu cara defend yang paling baik, karena kerentanan orang yang banyak bepergian itu, ya memang ada potensi tinggi tertular,” kata Ganjar.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2