Nelayan Dilarang Tangkap Ikan Sebulan, Gantinya Cari Sampah Plastik di Laut untuk Dijual

Taufik Budi ยท Rabu, 21 September 2022 - 08:43:00 WIB
Nelayan Dilarang Tangkap Ikan Sebulan, Gantinya Cari Sampah Plastik di Laut untuk Dijual
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. (taufik budi)

Oleh karenanya, gerakan yang dilaksanakan pada 1-26 Oktober itu akan dibawa ke forum-forum dunia. Dia juga memastikan nelayan yang tak dapat menangkap ikan, tidak akan kehilangan mata pencaharian karena sampah plastik yang dikumpulkan akan dibayar oleh pemerintah.

“Kompensasinya kita bayar sesuai seperti dia ketika mendapatkan ikan. Kita berikan kompensasi khususnya nelayan-nelayan lokal atau nelayan tradisional, sehingga mereka tidak kehilangan mata pencaharian,” ujarnya.

“Nanti kita gerakan serentak (seluruh Indonesia), karena itu nanti akan kita sampaikan Bapak Presiden Jokowi juga akan ikut di situ. Saya sampaikan dalam forum G20 karena ini penting. Begini loh kita menangani laut kita. Kemudian laut Indonesia ini menjadi tanggung jawab bukan Indonesianya saja, tapi seluruh dunia,” ujarnya.

Melalui gerakan tersebut, diharapkan bisa mengurangi sampah laut sampai 70 persen pada 2025. “Harapannya seluruh dunia akan mengikuti (gerakan tersebut), paling tidak mencegah supaya  pembuangan sampah ke laut itu bisa dicegah di awal ketika masih di darat,” katanya.

Dia menambahkan, KKP menyiapkan lima program utama berbasis ekonomi biru yang menyeimbangkan kepentingan lingkungan dan ekonomi.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: