OJK Solo Dorong Pemda Kucurkan Subsidi Bunga Kredit untuk UMKM

Antara ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 22:43:00 WIB
OJK Solo Dorong Pemda Kucurkan Subsidi Bunga Kredit untuk UMKM
Kepala OJK Solo Eko Yunianto. Foto: ANTARA/Aris Wasita.

SOLO, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo mendorong pemerintah daerah memberikan subsidi bunga kredit bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak Covid-19. Subsidi bunga sangat dibutuhkan bagi UMKM, khususnya yang kesulitan beraktivitas akibat pandemi.

"Tentu pada saat berkomunikasi dengan pemda, paling tidak kami mengimbau, bagaimana itu dianggarkan di APBD. Namun itu kan harus ada persetujuan dari DPRD," kata Kepala OJK Solo Eko Yunianto, Kamis (22/7/2021). 

Ia mengatakan, subsidi bunga sangat dibutuhkan bagi pelaku UMKM khususnya yang kesulitan beraktivitas akibat pandemi. Untuk wilayah Soloraya, salah satu daerah yang sudah mengeluarkan kebijakan tersebut adalah Pemkab Sukoharjo. 

"Kan ada TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) di Kabupaten Sukoharjo. Pemda juga punya program subsidi bunga yang asalnya dari APBD," katanya.

Ia mengatakan, secara teknis subsidi bunga diberikan oleh Pemkab Sukoharjo melalui seluruh BPR dan bank umum yang ada di daerah tersebut. Selain itu, subsidi bunga juga diberikan melalui sektor pergadaian yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2