Olah Kotoran Sapi Jadi Biogas, Peternak di Boyolali Hemat Ratusan Ribu Rupiah per Bulan

Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:53:00 WIB
Olah Kotoran Sapi Jadi Biogas, Peternak di Boyolali Hemat Ratusan Ribu Rupiah per Bulan
Peternak di Dukuh Padokan, Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali saat mendapat pelatihan pemanfaatan biogas dari Pertamina. Foto: Ist.

BOYOLALI, iNews.id – Peternak di Dukuh Padokan, Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali mengolah kotoran sapi menjadi biogas. Bahan bakar yang dihasilkan digunakan operasional peternakan dan memasak. 

Aktivitas biogas dilakukan oleh anggota Kelompok Tani Ternak JSN Cengkir Gading. Dengan pengelola kotoran sapi menjadi biogas, warga kini bisa berhemat karena tidak perlu lagi membeli gas elpiji. 

Ketua Kelompok Tani JSN Cengkir Gading, Suranto menjelaskan, dalam kurun waktu satu terakhir kelompoknya mampu memperoleh penghematan dari penggunaan biogas untuk kebutuhan operasional peternakan setidaknya Rp144.000 per bulan.

“Ke depan 42 anggota kelompok kami akan mulai memanfaatkan biogas untuk kebutuhan di rumah tangga kami masing-masing,” kata Suranto, Jumat (12/8/2022). 

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pertamina dalam mengembangkan inovasi biogas di peternakannya.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: