Operasi Sikat Jaran Candi, Polres Jepara Bekuk 16 Tersangka Curanmor

Alip Sutarto · Rabu, 03 November 2021 - 14:31:00 WIB
Operasi Sikat Jaran Candi, Polres Jepara Bekuk 16 Tersangka Curanmor
Para tersangka (pakai baju tahanan) yang ditangkap aparat Polres Jepara. Foto: iNews/Alip Sutarto.

JEPARA, iNews.id Polres Jepara berhasil membekuk 16 tersangka pencuri kendaraan sepeda motor (curanmor) dalam Operasi Sikat Jaran Candi 2021. Sebanyak 11 orang di antaranya berperan sebagai ekskutor dan 5 orang sebagai penadah. 

Belasan tersangka tertangkap saat operasi yang berlangsung 1-30 Oktober 2021. Dari penangkapan para pelaku, polisi menyita 13 unit sepeda motor hasil curian.  

“Dalam beraksi, tersangka memiliki beragam modus operandi. Ada yang merusak dengan kunci leter T, memanfaatkan rumah kosong, serta mencari kelengahan pemilik kendaraan yang lupa mencabut kunci sepeda motor,” kata Kapolres Jepara AKBP Warsono, Rabu (3/11/2021).

 Salah satu tersangka curanmor, Muhjahidin mengaku telah enam kali pencurian sepeda motor. Selama dua pekan, dia mencari sasaran sepeda motor yang terparkir di depan toko dengan kunci masih menempel. 

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP untuk pelaku yang berperan sebagai eksekutor. Sedangkan penadah dijerat pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. 

  

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: