Operasi Zebra Candi 2021, Polda Jateng Kedepankan Edukatif, Preventif dan Humanis

Ahmad Antoni ยท Senin, 15 November 2021 - 12:04:00 WIB
Operasi Zebra Candi 2021, Polda Jateng Kedepankan Edukatif, Preventif dan Humanis
Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji melakukan inspeksi saat apel gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2021 di Mapolda Jateng. (iNews/Antoni)

Menurutnya, hasil evaluasi antara tahun 2020 dan 2021 angka pelanggaran lalu lintas menurun. Sementara angka kecelakaan lalu lintas terjadi peningkatan 30 persen. "Inilah yang harus kami kaji berkaitan dengan evaluasi traffic accident," ujarnya.

Sementara, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji mengatakan operasi zebra candi 2021 dilaksanakan dari Senin (15/11) hingga Minggu (28/11). Kegiatan tersebut seluruh Kepolisian di Jawa Tengah.

"Operasi Zebra Candi merupakan kegiatan tahunan. Namun yang membedakan operasi tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah jika sebelumnya ada penegakan hukum namun untuk tahun cara bertindaknya edukatif dan persuasif," kata Wakapolda.

Dia mengatakan, petugas yang terlibat operasi mendapati adanya pelanggaran hanya memberikan pemahaman, himbauan, dan mengingatkan kepada pengendara agar tidak mengulangi lagi kesalahannya.

"Operasi zebra candi memiliki maksud dan tujuan mengurangi jumlah pelanggaran yang berakibat terjadinya peristiwa laka lantas," katanya.

Brigjen Abi mengingatkan kepada masyarakat bahwa budaya Jawa Tengah dicerminkan dengan budaya berlalu lintas atau etika berkendara saat menggunakan sarana jalan. 

Pihaknya mengimbau masyarakat  Jateng jika ingin menjunjung budaya Jawa Tengah dapat diwujudkan dalam etika berlalu lintas. "Jika masyarakat menjunjung tinggi etika berlalu lintas maka pelanggaran menurun dan tingkat kecelakaan lalu lintas menurun," ujarnya.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: