Pangdam IV/Diponegoro Sebut Prajurit Zeni sebagai Insinyur Pasukan Militer

Ahmad Antoni · Jumat, 02 April 2021 - 07:49:00 WIB
Pangdam IV/Diponegoro Sebut Prajurit Zeni sebagai Insinyur Pasukan Militer
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto saat mengunjungi Markas Batalyon Zipur-4/Tanpa Kawandya Banyubiru. (Istimewa)

Untuk itu setiap prajurit diperintahkan untuk aware dalam hal maintenance. “Tempatkan orang pada tempatnya, the right man on the right place” kata jenderal bintang dua ini.

Dengan menata kembali organisasi sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki prajurit maka performa satuan akan semakin baik (well organized).

“Well organized, Well trained, Well equipped, Well pray, selama kita mendekat kepada Yang Maha Kuasa itu selesai pak, karena disitu manajemen semuanya ada” katanya.

“Dengan Sembilan kemampuan Zeni tadi saya pikir Satuan ini akan menjadi lebih baik asal kita memimpinnya dengan baik, kita arahkan dengan baik, kita ajari dengan baik” ujarnya.

Mayjen TNI Rudianto menyebut, satuan Zeni merupakan satuan yang terdiri dari para insinyur dari pasukan militer. Tugas para para prajurit Zeni diantaranya adalah menyelenggarakan rekayasa teknik dan militer  konstruksi pra sarana militer. 

Semua kemampuan itu tertuang dalam 9 tugas Pokok Zeni AD terdiri dari Konstruksi, Destruksi, Rintangan, Samaran, Penyeberangan, Penyelidikan, Perkubuan, Penjinakan bahan peledak (Jihandak), serta Nuklir-Biologi-Kimia (Nubika) pasif. 

Editor : Ahmad Antoni