Panik, PDP Corona asal Kabupaten Tegal Kabur dari RSUD Kardinah Dibantu Istri

Kastolani ยท Minggu, 19 April 2020 - 21:45:00 WIB
Panik, PDP Corona asal Kabupaten Tegal Kabur dari RSUD Kardinah Dibantu Istri
PDP corona yang kabur dari RSUD Kardinah Kota Tegal diamankan kembali petugas dan dirujuk ke RSUD Surodadi, Kabupaten Tegal. (Foto: istimewa)

SLAWI, iNews.id – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona berinisial AT (45) kabur dari ruang isolasi RSUD Kardinah Kota Tegal, Sabtu (18/4/2020) sore. Pasien yang beralamat di Desa Brekat, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal itu melarikan diri dibantu sang istri.

Aksi AT itu terekam kamera CCTV RSUD Kardinah. Tim medis dan petugas rumah sakit pun langsung mencari keberadaan pasien dengan melacak di rumahnya.

Namun, upaya petugas nihil lantaran pasien bersama istrinya tidak berada di rumah. Kaburnya PDP itu viral di media sosial dan menggegerkan warga Tegal.

Selang beberapa jam kemudian, pasien tersebut berhasil ditemukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal. Pasien itu kemudian dirujuk ke RSUD Suradadi.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Tegal, dr Joko Wantoro membenarkan peristiwa tersebut.

Joko menuturkan, pasien tersebut adalah seorang laki-laki berusia 42 tahun dan memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. “Pagi tadi sudah kita lakukan mediasi dan yang bersangkutan cukup kooperatif. Pasien sekarang sudah dirawat di RSUD Suradadi,” ujarnya, Minggu (19/4/2020).

Ditanya soal alasannya meninggalkan rumah sakit tanpa izin, Joko mengatakan, pasien mengalami kepanikan karena baru kali pertama merasakan perawatan di ruang isolasi yang menerapkan protokol kesehatan tersendiri.


Editor : Kastolani Marzuki