Pantau Warga Isoman, Anggota Dawis di Desa Ini Dilatih Jadi Nakes Dadakan

Taufik Budi ยท Jumat, 06 Agustus 2021 - 18:30:00 WIB
Pantau Warga Isoman, Anggota Dawis di Desa Ini Dilatih Jadi Nakes Dadakan
Ibu-ibu anggota Dawis di Desa Karangnangka, Kabupaten Banyumas saat mengecek warga yang isoman. Foto: Ist.

BANYUMAS, iNews.id – Melonjaknya kasus Covid-19 bukan hanya berdampak terhadap rumah sakit yang penuh, namun juga membuat tenaga medis kewalahan. Untuk itu, timbul inisiatif warga Desa Karangnangka, Banyumas melatih ibu-ibu anggota dasawisma (Dawis) menjadi tenaga kesehatan (nakes) dadakan.

Gagasan itu disampaikan Kades Karangnangka Sunarto. Dia bersama perangkatnya bertekad melakukan yang terbaik bagi warga untuk penanganan pandemi Covid-19.

"Kami punya grup WA (WhatsApp), untuk memantau semua warga. Jadi tiap hari kami cek, ada tidak warga yang sakit. Kalau ada langsung ditangani," kata Sunarto, Jumat (6/8/2021).

Selain itu, di desanya terdapat 33 warga yang positif Covid-19. Mereka menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah, sehingga keluarga yang satu rumah turut diisolasi.

"Urusan makanan kami dukung, ada iuran dari RT dan warga sekitar. Dari kami juga berikan, tentu melihat apakah dia layak atau tidak," katanya. 

Sunarto menambahkan, telah mengajari ibu-ibu Dasawisma untuk dijadikan tenaga kesehatan dadakan. Para ibu-ibu mengecek kesehatan pasien positif Covid-19 setiap hari.

"Kalau mengandalkan bidan desa saja kan kasihan, 24 jam tidak istirahat. Makanya anggota Dawis saya optimalkan,”ucapnya. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: