Pantau Warga Isoman, Anggota Dawis di Desa Ini Dilatih Jadi Nakes Dadakan

Taufik Budi ยท Jumat, 06 Agustus 2021 - 18:30:00 WIB
Pantau Warga Isoman, Anggota Dawis di Desa Ini Dilatih Jadi Nakes Dadakan
Ibu-ibu anggota Dawis di Desa Karangnangka, Kabupaten Banyumas saat mengecek warga yang isoman. Foto: Ist.

Terdapat 16 anggota Dawis yang menjadi nakes dadakan. Optimalisasi ibu-ibu Dawis menjadi nakes dadakan itu dimulai sejak muncul varian delta. Sebab, di desanya banyak warga yang positif.

"Total ada 16 orang yang kami latih untuk dijadikan nakes dadakan. Mereka dilatih cara penanganan pasien termasuk cara melindungi diri agar tidak tertular. Kami dari desa memfasilitasi, dari bidan memfasilitasi dan semuanya mendukung," katanya. 

Dirinya sengaja mengoptimalkan dawis karena mereka yang berada dekat dengan pasien. Sebab jika mengandalkan RT, cakupannya terlalu luas. Optimalisasi Dawis sebagai nakes dadakan, membuat masyarakat semakin terpantau dengan baik. 

“Karena sepuluh rumah itu satu dawis, jadi lebih dekat cakupannya. Selain membantu penanganan pasien, dengan adanya nakes dadakan dari Dawis ini juga meningkatkan kepedulian masyarakat pada tetangga," katanya. 

Bukan hanya mendapatkan edukasi teoretis, namun ibu-ibu tersebut juga benar-benar melaksanakan pemeriksaan pasien Covid-19 dengan menerapkan prokes ketat. Mereka dibekali pakaian APD lengkap ketika mengecek pasien isolasi.

"Kami diajari cara mengecek pasien. Diajari ngecek suhu, cek saturasi oksigen pakai oxymeter, diajari ngecek tekanan darah, dan menanyakan keluhan-keluhan pasien. Tiap hari kami datang ke pasien yang isolasi mandiri dan melaporkan hasil pantauan ke grup WA yang ada pak lurah dan bu bidan di dalamnya," kata mereka.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: