Pasar Tradisional di Boyolali Kehabisan Stok Bawang Putih

Saladin Ayyubi, Tata Rahmanta ยท Senin, 10 Februari 2020 - 13:59 WIB
Pasar Tradisional di Boyolali Kehabisan Stok Bawang Putih
Stok bawang putih milik pedagang di Pasar Kota Boyolali, Jawa Tengah (Foto: iNews/ Tata Rahmanta)

BOYOLALI, iNews.id - Bawang putih yang mulai langka di pasaran membuat harga komoditas ini naik 100 persen. Di pasar tradisional Kota Boyolali, stok bawang putih ditingkat penjual pun mulai habis.

Kenaikan harga bawang putih sudah terjadi satu minggu ini di pasar tradisional Kota Boyolali. Harga bawang putih di pasar tersebut sebelumnya dijual dengan harga Rp40.000 kini naik menjadi Rp65.000 per kilogram. Selain mengalami kenaikan harga, pasokan bawang putih di pasaran mulai langka.

Para pedagang mengaku, banyak yang tidak kebagian pasokan bawang putih. Padahal sebelumnya, mereka bisa mendapat dua hingga tiga karung bawang putih dengan berat 25 kilogram per karung.

"Pasokan sulit, biasanya sudah sampai dua atau tiga karung. Ini cuma dapat 15 kilogram kadang 10 kilogram," kata pedagang Hari Wibawa, Senin (10/2/2020).

Kelangkaan bawang putih juga terjadi di beberapa pasar tradisional di Jateng lainnya seperti di Pasar Manis, Purwokerto.

Salah satu pedagang di Pasar Manis Muhammad Rohmatdiansyah mengatakan harga bawang putih yang sebelumnya dijual Rp35.000 saat ini naik menjadi Rp70.000 per kilogram. Dia juga tidak membeli bawang putih dengan jumlah banyak karena stok di pengepul terbatas.

"Saya yang biasa pesan dua kwintal cuma dikasih satu kwintal," katanya.


Editor : Nani Suherni