Pembuat Miras Impor Palsu Ditangkap Petugas Bea Cukai Surakarta

Ary Wahyu Wibowo ยท Kamis, 08 Juli 2021 - 11:27:00 WIB
Pembuat Miras Impor Palsu Ditangkap Petugas Bea Cukai Surakarta
Miras impor palsu dilekati pita cukai palsu yang disita petugas Bea Cukai Surakarta. Foto: Ist.

SOLO, iNews.id - Petugas Bea Cukai Surakarta berhasil mengungkap jaringan pembuatan minuman mengandung etil alkohol (MMEA) atau miras impor palsu yang dilekati pita cukai palsu. Tiga orang ditangkap bersama barang bukti 27 botol miras impor dilekati pita cukai palsu, 1.368 botol bekas kosong dengan merk miras impor, dan bahan pembuatan miras.

Tiga orang yang ditangkap 29 Juni 2021 lalu berinisial ABM, SYT, dan  SDR. Berdasarkan informasi, modus para pelaku adalah dengan menjual melalui media sosial (medsos) yang sudah dilakukan berulang kali.  

Pengungkapan jaringan ini bermula dari hasil analisis tim patroli siber (cyber patrol). Petugas unit pengawasan Bea Cukai Surakarta selanjutnya melakukan penindakan dan penangkapan atas dugaan pelanggaran Undang-undang di bidang cukai. 

Hal itu terkait kegiatan penjualan miras tanpa dilekati pita cukai yang sah dengan metode transaksi cash on delivery (COD) yang dilakukan oleh pelaku ABM. Modus yang dilakukan adalah dengan cara mengiklankan miras  melalui halaman media sosial. 

Pada saat transaksi penyerahaan barang oleh ABM, petugas Bea dan Cukai berhasil menangkap yang bersangkutan di area Kecamatan Kartasura,  Kabupaten Sukoharjo. Saat pemeriksaan di tempat, ditemukan barang bukti yang akan diantarkan kepada pembeli sejumlah 27 botol miras impor palsu berbagai merk. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: