Pemkab Kendal Anggarkan Rp500 Juta untuk Bantu Warga di Perantauan

Eddie Prayitno ยท Rabu, 15 April 2020 - 15:12 WIB
Pemkab Kendal Anggarkan Rp500 Juta untuk Bantu Warga di Perantauan
Bupati Kendal Mirna Annisa (Foto: iNews/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng) mengimbau warganya di Jabodetabek tak perlu mudik. Mereka akan memberikan bantuan dengan total Rp500 juta bagi perantau.

Bupati Kendal Mirna Annisa dengan tim gugus tugas penanganan Covid-19 memastikan sudah mengalokasikan anggaran bantuan tersebut. Anggaran disalurkan melalui Dinas Sosial Pemkab Kendal.

"Untuk warga Kendal yang merantau, kami siapkankan anggaran Rp500 juta. Ini merupakan anggaran dari Dinsos Kendal," katanya, Rabu (15/4/2020).

Sejumlah anggaran lain juga disiapkan untuk mengatasi dampak ekonomi dan sosial bagi warga setempat. Salah satunya pembagian beras senilai Rp75 juta serta pembagian bibit dan cadangan beras lumbung desa senilai Rp3 miliar.

Mirna juga sudah mengeluarkan surat keputusan tentang pemberian pengurangan atau pembebasan tarif air minum di PDAM Tirto Panguripan. Kemudian, retribusi pasar juga sementara ditiadakan selama tiga bulan untuk meringankan pedagang.

"Kami upayakan semuanya bisa meringankan beban ekonomi warga Kendal karena dampak Covid-19," ucapnya.

Hingga Rabu (15/4/2020) orang dalam pemantauan (ODP) di Kendal sebanyak 218 orang dengan pasien dalam pengawasan (PDP) sembilan orang. Sedangkan jumlah pasien positif masih dua orang.


Editor : Nani Suherni