Pemprov Jateng Gandeng Ulama untuk Kampanye Setop Konsumsi Daging Anjing

Antara · Senin, 13 Juni 2022 - 22:41:00 WIB
Pemprov Jateng Gandeng Ulama untuk Kampanye Setop Konsumsi Daging Anjing
Ilustrasi - Aktivis Koalisi Indonesia Bebas Daging Anjing saat demo di depan Balai Kota Solo. Foto: dok.

SEMARANG, iNews.idPemprov Jawa Tengah menggandeng tokoh agama dalam mengedukasi dan menggencarkan kampanye setop mengonsumsi daging anjing. Peran ulama penting guna mencegah maraknya perdagangan anjing untuk konsumsi. 

"Kami melibatkan berbagai pihak, seperti pendakwah, Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, serta penggiat dan pecinta anjing untuk kampanye dan mengedukasi masyarakat terkait larangan mengonsumsi daging anjing," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno, Senin (13/6/2022). 


Dikatakannya, permasalahan saat ini adalah bagaimana mengedukasi warga. Sebab masyarakat mengonsumsi bukan dalam rangka sekadar makan, tapi hal itu dianggap sebagai jamu atau obat, sehingga butuh upaya yang besar dalam mengedukasi.


"Oleh karena itu, kami juga mendorong edukasi kepada masyarakat dengan pendekatan sisi agama," ujarnya saat menghadiri acara Dog Meat Free Indonesia (DMFI) International Veterinary Training.


Menurut Sekda, keterlibatan ulama dinilai penting guna mencegah maraknya perdagangan anjing untuk konsumsi di berbagai daerah, terlebih dalam hukum agama Islam mengonsumsi daging anjing adalah haram.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: