Penembakan Tersangka Teroris di Sukoharjo Jadi Sorotan Warganet, Ini Penjelasan Polri

Antara, Puteranegara Batubara ยท Jumat, 11 Maret 2022 - 17:39:00 WIB
Penembakan Tersangka Teroris di Sukoharjo Jadi Sorotan Warganet, Ini Penjelasan Polri
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. Antara/HO-Divisi Humas Polri)

JAKARTA, iNews.id  - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memberikan penjelasan terkait tindakan tegas dan terukur yang dilakukan Tim Densus 88 Antiteror terhadap Sunardi, tersangka dugaan terorisme. Sunardi belakangan diketahui berprofesi sebagai dokter.

Penembakan terhadap Sunardi mendapat sorotan warganet yang menyayangkan keputusan aparat penegak hukum melakukan tindakan tegas terukur berupa penembakan.

“Prinsipnya penegakan hukum adalah upaya terakhir ketika upaya-upaya preventif sudah dilakukan oleh petugas di lapangan,” kata Dedi di Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Dia menjelaskan, petugas kepolisian dalam hal ini Densus 88 Antiteror dibekali kewenangan diskresi atau kebebasan mengambil keputusan sendiri sesuai situasi di lapangan. “Apabila membahayakan maka dapat dilakukan tindakan untuk melumpuhkan,” ujarnya.

Mantan Kapolda Kalteng  itu juga menekankan bahwa personel kepolisian bertugas sesuai dengan aturan dan perundangan yang ada, dalam hal ini sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian dan Perkap Nomor 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar HAM dalam Penyelenggaran Tugas Kepolisian. “Serta secara universal petugas polisi di dunia melakukan hal tersebut,” ujarnya. 

Namun, Dedi juga menegaskan, apabila dalam upaya penegakan hukum terjadi pelanggaran yang dilakukan aparat kepolisian maka pihaknya akan menindak tegas. “Apabila ada pelanggaran yang dilakukan, anggota Propam akan menindak,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa Sunardi sudah ditetapkan sebagai tersangka, bukan lagi terduga.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: