Perkenalkan Serma Iska, Satu-satunya Babinsa Cantik di Kodam Diponegoro

Saladin Ayyubi ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 12:23 WIB
Perkenalkan Serma Iska, Satu-satunya Babinsa Cantik di Kodam Diponegoro
Sersan Mayor Kowad Iska Yuniarti (kiri) saat melihat pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1.838 meter di Banyumas (Foto: iNews/Saladin Ayyubi)

BANYUMAS, iNews.id - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-108 Kodim 0701 Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) biasanya didominasi kehadiran para anggota TNI laki-laki. Namun, kali ini muncul Bintara Pembina Desa (Babinsa) cantik bernama Sersan Mayor Kowad Iska Yuniarti.

Akrab disapa Serma Iska, merupakan Babinsa wanita satu-satunya di wilayah Kodim 0701 Banyumas, dan juga satu-satunya di wilayah Kodam VI/Diponegoro Jawa Tengah. Serma Iska tak canggung turun ke lapangan bersama masyarakat dan anggota TNI pria lainnya.

Sebelum terjun dalam pelaksanaan pekerjaan fisik, Serma Iska selalu berkoordinasi bersama teman-teman sesama anggota TNI dan juga anggota Polri serta warga Desa Petahunan. Serma Iska juga tak segan-segan untuk turun melakukan pekerjaan layaknya anggota TNI pria lainnya.

Bahkan, di tengah kondisi terik panas, dia berusaha untuk bisa bergabung melakukan pengerjaan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1.838 meter ini. Keringat dan lelah tak dia hiraukan agar program TMMD di Desa Petahunan segera rampung.

Saat Serma Iska terjun ke lapangan dalam pengerjaan pembangunan jalan ini, biasanya akan diikuti beberapa wanita warga desa yang tergugah semangatnya untuk ikut turun langsung ke lapangan ikut membangun jalan rabat beton. Meski tidak setiap hari bisa hadir dalam pengerjaan pembangunan jalan rabat beton ini, setidaknya kehadiran Serma Iska bisa menambah spirit bagi warga lainnya.

Selain kegiatan fisik, Serma Iska juga mendapat tugas nonfisik tambahan, yaitu memberikan penyuluhan agar masyarakat bisa selalu menjaga kesehatan sesuai protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah. Serma Iska juga memotivasi para ibu-ibu agar selalu mendampingi anak-anak belajar secara online dari rumah di tengah pandemi Covid-19.

"Untuk penyuluhan, saya sesuaikan dengan keadaan pandemi Covid-19 yang kita alami sekarang," ujarnya.

Editor : Nani Suherni