Pilot Project Konversi Elpiji ke Kompor Induksi di Solo, PLN Gandeng UNS

Ary Wahyu Wibowo · Kamis, 28 April 2022 - 20:42:00 WIB
Pilot Project Konversi Elpiji ke Kompor Induksi di Solo, PLN Gandeng UNS
Penandatanganan kerja sama antara PLN dan UNS terkait pilot project konversi kompor gas ke kompor induksi, Kamis (28/4/2022). Foto: Ist.

SOLO, iNews.idPLN menggandeng Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo untuk menjalankan pilot project konversi kompor gas ke kompor induksi. Uji coba akan diterapkan kepada 1.000 warga dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Solo.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan Yogyakarta, Muhammad Irwansyah Putra mengatakan, pilot project pengalihan energi berbasis impor menjadi domestik melalui konversi kompor elpiji ke kompor induksi akan dilaksanakan di dua tempat, yakni Kota Solo dan Bali Selatan.

 Khusus pelaksanaan di Kota Solo, PLN mempercayakan UNS untuk mengawal program tersebut. Pihaknya meminta bantuan para akademisi UNS untuk mengawal program konversi elpiji ke induksi. 

“Harapannya berjalan lancar, sehingga dapat menjadi percontohan kota-kota lain di Indonesia,” kata Muhammad Irwansyah Putra, Kamis (28/4/2022). 

Pilot project akan dilaksanakan awal Juni 2022. Program berupa pengujicobaan kompor induksi untuk 1.000 warga dan UMKM di Kota Solo. Pelanggan yang dipilih dalam uji coba sudah disurvei kemudian ditetapkan. 

Mereka merupakan pelanggan yang mendapat subsidi listrik yang memiliki daya 450—900 VA. Untuk menggunakan kompor induksi, pelanggan yang masuk daftar tersebut akan mendapat fasilitas penambahan daya gratis hingga 2200 VA. 

Dalam menjalankan program ini, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta akan dibantu oleh LPPM UNS. Sejumlah pakar UNS akan dilibatkan pada program ini. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: