PKB Usung 4 Kader Internal di Pilkada Jateng 2020

Kastolani ยท Sabtu, 22 Februari 2020 - 00:30 WIB
PKB Usung 4 Kader Internal di Pilkada Jateng 2020
PKB Jateng optimistis memenangi Pilkada Jateng 2020 di empat daerah dengan mengusung kader internal. (Foto: istimewa)

SEMARANG, iNews.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menerbitkan rekomendasi sejumlah nama calon yang akan diusung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Nama yang diusung tersebut ada yang kader asli, hingga tokoh luar partai yang dinilai mumpuni.

Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH M Yusuf Chudlori mengatakan, beberapa nama yang mendapatkan rekomendasi seperti di Blora, Kabupaten Semarang, dan Sragen merupakan kader asli partai.

“Memang sejauh ini DPP baru memunculkan rekomendasi di empat daerah. Untuk yang lain, nanti akan diumumkan lagi di gelombang kedua,” katanya, Jumat (21/2/2020).

Rekomendasi untuk empat daerah itu, kata Gus Yusuf, masing-masing untuk Kabupaten Semarang, Blora, Sragen, dan Grobogan. Nama yang diusung sama persis dengan yang mendapat rekomendasi dari DPP PDIP. "Ya, kami bergabung dengan PDIP di 4 daerah),” katanya.

Kader PKB yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Semarang, M Basari menjadi calon wakil bupati. Basari akan mendampingi calon bupati yang diusung PDIP Ngesti Nugraha. Nama keduanya juga diumumkan saat pemberian rekomendasi di DPP PDIP di Jakarta.

“Lalu, di Blora ada nama Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati yang juga mendapatkan rekomendasi PDIP,” ujarnya.

Arief Rohman merupakan Wakil Bupati Blora. Sebelumnya, Arief adalah anggota DPRD Jateng dari PKB. “Untuk Kabupaten Sragen, rekomendasi juga sama dengan PDIP, yakni Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Suroto,” ujarnya.

Sedangkan Suroto, kata Gus Yusuf, merupakan politikus PKB. Saat ini yang bersangkutan masih tercatat sebagai anggota DPRD Sragen. “Untuk Grobogan, kita juga sama seperti yang diusung PDIP,” katanya.

PKB juga masih melakukan komunikasi politik dengan parpol lain. Dia mencontohkan, masih ada sejumlah kader PKB yang saat ini merupakan petahana, seperti Asip Kholbihi (Bupati Pekalongan) atau M Saelany Mahfudz (Wali Kota Pekalongan). “Di Kendal, PKB juga menang dalam Pileg. Semuanya masih kita matangkan,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki