Proses Seleksi Perangkat Desa di Purbalingga Memanas, Kades Digugat ke PTUN

Tim iNews.id ยท Jumat, 01 April 2022 - 10:49:00 WIB
Proses Seleksi Perangkat Desa di Purbalingga Memanas, Kades Digugat ke PTUN
Kuasa hukum peserta seleksi perangkat desa menunjukkan surat gugatan. (Ist)

PURBALINGGA, iNews.id - Seleksi Kepala Dusun (Kadus) di Desa Kedunglegok, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga memanas. Kepala Desa (Kades) Kedunglegok Sudarno digugat oleh salah satu peserta seleksi, Satya Agustian ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang.

Kepada wartawan, Satya Agustian yang didampingi oleh Kuasa Hukumnya Djoko Susanto SH, Kamis (31/3/2022) petang di Purwokerto mengatakan pihaknya telah mendaftarkan gugatan dengan Nomor Perkara : 12/6/2022/PTUN Smg.

“Materi gugatan karena penggugat telah merasa dirugikan dengan dikeluarkannya surat Keputusan Kepala Desa Kedunglegok Nomor 141.3/001 Tahun 2022 Tanggal 4 Januari 2022 Tentang Pengangkatan Perangkat Desa Kedunglegok, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga atas nama Suseni,” kata Djoko Susanto dikutip dari iNewsPurwokerto.id. 

Menurutnya, alasan penggugat mengajukan gugatan karena saat dilakukan ujian tertulis dan praktik ada dugaan terjadi kecurangan. Selain itu ada dugaan adanya bantuan pengawas dengan membantu salah satu peserta dari tiga peserta.

“Pada saat ujian praktik komputer tiba-tiba jaringan internet mati dan salah komputer juga mati. Ketika itu panitia berdasarkan kesepakatan peserta untuk ujian akan diulang. Tetapi faktanya, tidak ada pengulangan dan belum ada realisasi sampai sekarang,” katanya.

Alasan berikutnya pada proses penyusunan soal tes tertulis, lanjut Djoko, telah disepakati pada tanggal 21 Desember 2022 bertempat di SMP Negeri 4 Kemangkon dengan komitmen seluruh panitia menjalani karantina untuk menghindari adanya kebocoran soal ujian. 

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: