PTM di Sekolah Tak Akan Efektif, Gerindra: Harus Ada Konsep Baru

Ahmad Antoni · Minggu, 11 April 2021 - 10:54:00 WIB
PTM di Sekolah Tak Akan Efektif, Gerindra: Harus Ada Konsep Baru
Anggota Komisi E DPRD Jateng Yudi Indras saat mengikuti gowes bersama pendidik dan tenaga kependidikan dan alumni SMA 5 Semarang. (Istimewa)

SEMARANG, iNews.id Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masa pandemi telah diuji coba di sejumlah sekolah di Jateng. Namun PTM di sekolah dengan gaya kegiatan belajar mengajar yang sama saat sebelum pandemi disebut tak akan efektif. 

Bahkan, jika itu dilakukan maka hasilnya tak akan maksimal bagi progres pembelajaran siswa. Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jateng, Yudi Indras Wiendarto mengatakan, dengan PTM maka siswa memang bisa datang dan mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. 

Namun, dengan keterbatasan jam belajar, interaksi antara siswa dengan siswa serta siswa dengan guru jelas membuat sekolah tak akan lagi bisa sama sebagaimana sebelum pandemi.

Melihat kondisi itu, maka konsep PTM ini tak boleh hanya menjalankan pola pendidikan sebelum pandemi. “Harus ada konsep pembelajaran baru saat PTM di masa pandemi ini,” ujar Yudi Indras usai mengikuti gowes bersama pendidik dan tenaga kependidikan dan alumni SMA 5 Semarang, Sabtu (10/4/2021).

Dia menyarankan, karena jam PTM di sekolah itu dibatasi, maka lebih banyak diisi dengan pemberian motivasi dari guru. Motivasi bisa dari sisi pendidikan karakter, cerita sukses, perihal kepedulian, hingga soal menumbuhkan semangat belajar.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2