Rapid Test Massal, 24 Pedagang Pasar di Bantarkawung Brebes Reaktif

Yunibar ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 21:30 WIB
Rapid Test Massal, 24 Pedagang Pasar di Bantarkawung Brebes Reaktif
Pedagang Pasar Buaran, Kecamatan Bantarkawung, Brebes menjalani rapid test massal. Hasilnya, 24 orang dinyatakan reaktif. (Foto: iNews/Yunibar)

BREBES, iNews.id - Sebanyak 24 pedagang pasar tradisional di Brebes dinyatakan reaktif Covid-19 setelah menjalani rapid test massal yang digelar tim Gugur Tugas Covid-19, Rabu (10/6/2020). Tapid test itu menyasar 74 pedagang dan pengunjung pasar tradisional di Kecamatan Bantarkawung.

Rapid test massal gencar dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dan sejumlah puskesmas untuk melakukan tracking warganya yang melakukan kontak langsung dengan pasien positif melalui uji swab.

Hasilnya sebanyak 24 dari 74 pedagang Pasar Buaran Kecamatan Bantarkawung dinyatakan reaktif dari hasil pengambilan sampel darah.

Kepala Puskesmas Buaran Sri Mulyani mengatakan, rapid test dilakukan random kepada para pedagang dan pengunjung pasar.

“Para pedagang dan pengunjung pasar sangat antusias menjalani rapid test massal,” katanya.

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Bantarkawung, Eko Supriyanto mengatakan, ke-24 pedagang pasar yang raktif sudah diserahkan ke Gugus Tugas tingat desa untuk melakukan isolasi mandiri kepada warganya.

“Pihak puskesmas juga akan memberikan vitamin C kepada pedagang yang reaktif sambil menunggu uji swab di RSUD Bumiayu,” katanya.

Kasus reaktif di sejumlah pasar tradisional di wilayah selatan Brebes ini terus meningkat. Sebelumnya sebanyak 69 pedagang Pasar Bang Bayang, Kecamatan Bantarkawung 5 Juni 2020 lalu. Warga dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan yakni wajib memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan sabun.


Editor : Kastolani Marzuki