Ratusan Balon Udara dan Ribuan Petasan di Pekalongan Disita, Warga Kocar Kacir

Suryono Sukarno · Senin, 01 Juni 2020 - 16:45:00 WIB
Ratusan Balon Udara dan Ribuan Petasan di Pekalongan Disita, Warga Kocar Kacir
Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Adrian Suez menunjukan petasan beragam ukuran yang disita dari warga di Kota Pekalongan. (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

PEKALONGAN, iNews.id – Ratusan balon udara dan ribuan petasan disita petugas dari warga yang merayakan tradisi Syawalan atau tujuh hari setelah Lebaran, Senin (1/6/2020). Meski demikian, polisi tidak menindak tegas warga yang menerbangkan balon maupun menyulut petasan.

Pantauan iNews, warga yang bersiap menerbangkan balon maupun menyulut petasan langsung kocar kacir begitu melihat kedatangan polisi. Mereka menyelematkan diri lantaran takut ditangkap petugas. Akibatnya, banyak balon yang gagal terbang dan petasan gagal meledak.

Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Adrian Suez mengatakan, jajarannya terus melakukan patroli dan razia balon udara serta ribuan petasan beragam ukuran.

“Kita patroli terus mendatangi lokasi penerbangan balon di mayarakat. Petugas terus melakukan berbagai upaya agar warga tidak menerbangkan balon, apalagi ditambah ada petasan gantung lagi. Warga yang kedapatan menerbangkan balon, diberikan peringatan keras namun tidak dilakukan penahanan,” kata AKBP Egy Adrian Suez.

Menurut Kapolresta, saat ini tindakan yang dilakukan petugas masih bersifat preventif dan terus menyosialisasikan terkait larangan penerbangan balon udara maupun petasan.

“Saat ini, kita masih preventif ya. Ke depan, jika masih ada yang nekat aparat akan bertindak tegas sesuai undang-undang dan bisa dikenai pidana penjara dua tahun,” kata Kapolres.

Ratusan balon udara dan ribuan petasan beragam ukuran yang disita itu selanjutnya dimusnahkan karena bisa berbahaya jika disimpan terlalu lama.


Editor : Kastolani Marzuki