Ribuan Sapi Sudah Divaksin, Penularan PMK di Salatiga Menurun

Angga Rosa ยท Rabu, 06 Juli 2022 - 12:17:00 WIB
Ribuan Sapi Sudah Divaksin, Penularan PMK di Salatiga Menurun
aksinator Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga saat menyuntikan vaksin PMK ke hewan ternak warga. Foto/IST

SALATIGA, iNews.id - Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga terus melakukan percepatan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK). Sejauh ini, lebih dari 1.600 ekor sapi sudah divaksin PMK. 

Vaksinasi ini, juga mampu menekan penularan PMK pada hewan ternak. Sehingga tren PMK di Salatiga menurun. "Penularan PMK di Salatiga dapat ditekan setelah petugas URC melakukan penyisiran dan pelayanan jemput bola penanganan PMK,” kata petugas Medik Veteriner Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga Meta Iqomah, Rabu (6/7/2022).

“Semua hewan ternak diperiksa oleh tenaga ahli sehingga sapi, kambing dan kerbau yang terjangkit PMK banyak sudah sembuh," katanya.

Dia mengatakan, target vaksinasi PMK di Salatiga untuk saat ini sebanyak 5.500 ekor sapi. Vaksinasi ribuan ekor sapi tersebut ditargetkan bisa segera dituntaskan. "Kami terus melakukan penyisiran disemua kandang warga untuk memberikan vaksin PMK," ujarnya.

Menurutnya, jumlah hewan ternak di Salatiga yang terjangkit PMK mencapai sekitar 586 ekor. Namun, kata dia, jumlah sapi yang terjangkit PMK terus menurun karena sudah banyak yang sembuh.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: