Selesai Jalani Karantina, 13 Warga Solo Diantar Pulang Sang Wali Kota

Wahyu Endro ยท Kamis, 23 April 2020 - 11:55 WIB
Selesai Jalani Karantina, 13 Warga Solo Diantar Pulang Sang Wali Kota
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengantar pemudik yang selesai karantina ke rumahnya, Kamis (23/42020). (Foto: iNews/Wahyu Endro)

SOLO, iNews.id - Pemudik tujuan Solo akhirnya dipulangkan ke rumah masing-masing usai menjalani karantina selama 14 hari. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo pun mengantar kepulangan mereka pada Kamis (23/4/2020).

Sebelumnya, 13 pemudik ini menjalani karantina di Grha Wisata Niaga, Solo. Mereka diperbolehkan pulang karena dinyatakan sehat pascamenjalani 14 hari karantina.

"Saya mengantar agar masyarakat percaya bawah warga tersebut sudah dikarantina dan dinyatakan sehat," ucap Rudyatmo, Kamis (23/4/2020).

Dia pun meminta warga sekitar tetap menerima kehadiran mereka. Tidak boleh ada warga yang dikucilkan setelah menjalani karantina. Tetapi, bagi mereka yang ternyata mengalami gejala sakit setelah pulang karantina diharap memeriksakan diri.

"Kalau merasa sakit, langsung datang ke puskesmas terdekat," katanya.

Sementara salah satu peserta Dinda Pradana karantina asal Kelurahan Mangkubumen mengaku senang setelah diperbolehkan pulang. Dia mengaku sempat sedih karena waktunya habis dikarantina. Namun setelah keluar dari karantina dia lebih tenang menjalani hidup.

"Saya sedih banget, pulang enggak bisa ketemu keluarga. Atau nanti saya dikarantina malah kena sama yang lain," ucap Pradana.

Untuk mengurangi potensi penularan virus corona, Pemkot Solo telah mengeluarkan kebijakan wajib karantina bagi pemudik. Tiga tempat yang disiapkan yakni Graha Wisata Niaga, Dalem Joyosuyuran dan Dalem Priyosuhartan.

Saat ini ratusan pemudik masih menjalani proses karantina. Jelang Ramadan, RT/RW diminta untuk mengawasi para pendatang yang datang ke Kota Solo.


Editor : Nani Suherni