Tanggapi Kandidat Pilkada Solo, Puan Maharani: di Luar Kayaknya Panas, Ternyata Enggak Tuh

Antara ยท Senin, 10 Februari 2020 - 20:30 WIB
Tanggapi Kandidat Pilkada Solo, Puan Maharani: di Luar Kayaknya Panas, Ternyata Enggak Tuh
Ketua DPP Bidang Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani (tengah) (Foto: Dokumen PDI Perjuangan)

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPP Bidang Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani menjadi panelis fit and proper test kandidat Pilkada Solo 2018 di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (10/2/2020). Puan mengaku kagum terhadap ketiga kandidat yang tetap rukun.

Ketiga kandidat yaitu Gibran Rakabuming, Achmad Purnomo dan Teguh Prakoso yang akan maju ke Pilkada Solo 2020.

Puan mengatakan, DPP PDIP menanyakan terkait visi-misi dan komitmen setiap kandidat sebelum dipilih. Puan melihat ketiganya akrab dan rukun selama menunggu rekomendasi dari DPP PDIP.

"Calon-calon yang mau maju Pilkada kalau di luarnya kayaknya panas, ternyata enggak tuh. Tadi makan pecel, bacem, sambal terasi, ngopi, teh, ngobrol-ngobrol, ya sudah nguyon (bercanda) kok," kata Puan sambil tersenyum.

Kota Solo, kata Puan, harus menjadi daerah yang lebih baik. Bahkan, Puan menginginkan Solo menjadi pusat kebudayaan dan rumah toleransi.

Puan menjelaskan, setiap kandidat ditanyai bagaimana mereka mendekati warga dan tokoh-tokoh di Solo.

Rencananya, hasil uji kepetutan dan kelayakan ini dalam rapat internal DPP PDIP. Kemudian, rekomendasi itu akan dibawa kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk diputuskan siapa yang akan didukung oleh partai.

"Jadi secara berjenjang disampaikan kepada ketua umum dan kemudian akan diputuskan oleh ketua umum melalui partai," ucapnya.

Sementara itu, putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming mengaku akan setia apabila tidak diberikan tiket oleh PDI Perjuangan untuk maju di Pilkada Kota Solo Tahun 2020.

"Saya tetap setia dengan PDIP, jika tidak mendapat rekomendasi sekali pun," kata Gibran.

Dia mengaku tidak akan memendam kekecewaan terhadap PDIP. Bahkan, Gibran memastikan akan turut membangun partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri itu.

"Saya tetap akan berkomitmen untuk membesarkan partai dengan cara gotong royong. Melibatkan semua elemen baik kultur maupun struktur. Itu komitmen saya," ucapnya.


Editor : Nani Suherni