Telaga Madirda, Surga Wisata Alam dengan Banyak Sumber Mata Air di Karanganyar

Ahmad Antoni, Bramantyo ยท Minggu, 14 Maret 2021 - 06:56:00 WIB
Telaga Madirda, Surga Wisata Alam dengan Banyak Sumber Mata Air di Karanganyar
Gubernur Ganjar Pranowo menanam pohon bersama masyarakat di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar. Sabtu (13/3/2021). (Istimewa)

KARANGANYAR, iNews.id  - Telaga Madirda di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, menjadi surga dan daya tarik wisata alam baru yang eksotis. Kawasan objek wisata alam ini mulai dikelola dengan baik oleh warga sekitar. 

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berpesan pengelolaan kawasan tersebut harus tetap mempertahankan pesona alam dan banyaknya sumber mata air yang ada di tempat dengan ketinggian 1050 Mdpl tersebut.

Salah satu caranya adalah memperbanyak menanam merawat pohon di Kawasan Telaga Madirda. Seperti yang dilakukan Ganjar bersama warga setempat di sela kunjungannya pada Sabtu (13/3/2021).

"Ini salah satu mata air yang ada di desa Berjo Ngargoyoso Karanganyar. Mata air yang bagus, masih tradisional, cuma dikasih pipa dan disalurkan ke warga desa ini dan desa lain yang memanfaatkan. Kalau hari ini kita mau menanam dan mau mengkonservasi hutan, semua mau menanam, maka mata air ini bisa abadi selamanya," kata Ganjar.

Telaga Madirda sendiri merupakan kawasan yang terdapat banyak mata air. Setidaknya ada enam titik mata air besar di tempat tersebut. Tempat itu baru dikelola menjadi tempat wisata alam secara komersial oleh warga setempat sejak tujuh bulan lalu. Bahkan pada periode pertengahan Mei sampai Juni 2020 sempat dijadikan tempat karantina pasien Covid-19.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: